Photobucket

De' Futsal Parkour

Mengatasi dan Mencegah Kram

Pernahkah teman-teman ketika sedang melakukan vault (parkour) atau melakukan tendangan (futsal) tiba-tiba kaki terasa sakit dan otot seperti tertarik, apakah teman-teman pernah mengalaminya? Itu adalah kram, apakah kram itu? Dan bagaimana cara mengatasi serta mencegahnya?


Kram adalah kejang pada otot yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Kejang otot sering terjadi ketika kita sedang tidur, tetapi juga bisa karena kerja fisik yang berat dan tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan hal tersebut, misalnya ketika sedang futsal dan parkour dan apabila didiamakan dapat menjadi cedera yang fatal.

Kram otot terjadi akibat tubuh kehilangan garam dan cairan karena banyaknya keringat yang keluar. Kram biasanya dapat disembuhkan dengan meregangkan dan memijat otot yang terserang.

Kram pada kaki
Korban dibantu berdiri dan berat badannya ditahan dengan kaki bagian depan. Setelah kejang pertama berlalu, pijat kakinya.

Kram pada betis
Lutut korban diluruskan, kaki ditekan dengan kuat dan mantap ke atas mengarah ke tulang kering. Pijat ototnya.

Kram pada paha
Untuk kram pada paha bagian belakang, lutut korban diluruskan dan kakinya diangkat. Untuk kejang pada paha bagian depan, lutut ditekuk. Pada kedua paha, pijat ototnya kuat-kuat.

Mengingat kram selalu "datang tak diundang, pulang tidak diantar" loh kug jadi jelangkung?hehehehe Untuk meminimalkan atau agar si kram tidak bertamu ke kita bisa mencoba beberapa cara di bawah ini:
  1. Mandi atau rendamlah bagian yang terexplorasi ketiga melakukan kegiatan tersebut dengan air hangat setelah beraktivitas seharian setiap kali sebelum tidur untuk mengendurkan seluruh otot yang tegang.
  2. Lakukan perenggangan / pendinginan sebelum tidur, namun hindari penegangan / meluruskan ujung jari kaki saat peregangan maupun tidur dan usahakan agar kaki-kaki anda tetap hangat selama tidur.
  3. Hindari melakukan olah raga atau aktivitas berat secara tiba-tiba karena dapat menyebabkan otot menjadi kaget (kram). Oleh karena itu, lakukan pemanasan secara benar sebelum berolah raga atau melakukan aktivitas fisik dan melakukan dan lakukan pendinginan setelah selesai. Hal tersebut akan memberikan kesempatan bagi otot untuk menyesuaikan diri sehingga tidak menimbulkan kram. Akan lebih baik jika pemanasan ini dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur, dengan melakukan senam kecil.
  4. Tak ada salahnya melakukan peregangan setelah melakukan satu kegiatan terus menerus dalam beberapa lama. Misalnya setelah duduk terus menerus di depan computer selama 2 jam, berada di dalam pesawat atau kendaraan yang memakan waktu lama atau berjalan kaki jarak jauh.
SEMOGA TIPS DI ATAS DAPAT MEMBANTU KITA DALAM BERLATIH

berbagai sumber

0 komentar:

Yang Nimbrung

KafeBlogger.com Kumpulan Komunitas Blogger Indonesia BannerFans.com Komunitas Counter Powered by  RedCounter